Makam Mbah Angleng Malang, Ini Lokasi dan Sejarahnya

Makam Mbah Angleng Malang bagi sebagian orang Malang belum begitu dikenal. Apalagi orang dari luar Malang, pasti sangat banyak yang tidak tahu. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini, akan membahas tentang makam tersebut secara detail. 



Lokasi

Makam tersebut berada di belakang komplek perumahan Citra Garden atau Ciputra yang berada di kelurahan Buring, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. 


Kalau mau tahu area makam tersebut, lewat Pintu masuk Citra Garden Buring, tepatnya di sebelah utara SMP N 10 Kota Malang. Terus saja naik sampai ke perumahan Citra Garden. Setelah sampai depan gapura perumahan Citra Garden, masih lanjut naik sampai ada pohon ringin rimbun. Di bawahnya ada makam. Sebelah utara makam ada kantor telkom. Sebelah timur ada tandon air. 


Apa aja yang ada di Makam tersebut?

Di area makam tokoh Gunung Buring ini ada beberapa makam lain. Kurang tahu juga itu makam siapa aja. Adapun makam mbah Angleng, yang ada karpetnya dan biasanya di pakai untuk mendo'akan atau tawasul. Di salah satu bangunan, ada seperti makam yang digunakan untuk mengubur benda pusaka Mbah Angleng


Sejarah Makam Mbah Angleng Malang

Konon, mbah Angleng merupakan tokoh sesepuh yang babat alas di Gunung Buring. Beliau merupakan salah satu prajurit pangeran Diponegoro dan juga murid dari Ki Ageng Gribig.


Menurut beberapa sumber di internet, Nama Angleng diambil dari sebuah nama alat musik yang serupa dengan kenong. Dulu, mbah Angleng menyebarkan islam dengan bantuan alat musik yang bernama Angleng. Kisah ceritanya mirip dengan Sunan Bonang yang makamnya ada di Tuban.


Saat menulis ini, saya sebenarnya ingin mencari sumber yang relevan. Minimal juru kunci. Tapi ketika lewat area ini, tidak pernah menjumpai juru kunci. Yang sering, menjumpai beberapa orang yang tawasul atau mendo'akan mbah Angleng.


Nama Angleng pun saya cari tahu di internet dengan kata kunci "alat musik angleng", tapi tidak ada. Malah yang keluar di pencarian berupa jajan. Kemudian kata kunci  "alat musik angling". Ada, tapi kok tidak serupa dengan kenong ya. Entahlah. Nanti kalau ada info tambahan akan saya infokan di sini lagi.

Related Posts