Perguruan Tinggi Negeri di Malang, Referensi untuk Camaba

 

Perguruan Tinggi Negeri di Malang ada beberapa. Hal ini membuat Malang semakin dikenal sebagai kota pendidikan. Oleh karenanya, banyak remaja dari luar Malang berbondong-bondong ke Malang untuk mengenyam pendidikan.

Daftar  Perguruan Tinggi Negeri di Malang

1. Universitas Brawijaya (UB)

Salah satu Kampus di kota Malang yang banyak peminatnya adalah Brawijaya atau biasa disebut UB. Ada juga yang menyebut Unibraw. Kampus ini telah lama berdiri sejak 05 Januari tahun 1963, nama Brawijaya sendiri diambil dari gelar seorang raja di kerajaan terbesar yang ada di Indonesia, Majapahit.

perguruan tinggi negeri di malang


Universitas Brawijaya sendiri memiliki beberapa program studi di jenjang D3, D4 dan juga S1, S2, S3, spesialis serta profesi. Fakultas dan jurusannya pun beragam, ada fakultas ekonomi dan bisnis, hukum, ilmu administrasi, ilmu budaya, komputer, kedokteran, pertanian dan masih banyak lagi.

Untuk lebih lengkapnya bisa akses web resmi kampus UB: www.ub.ac.id

2. Universitas Negeri Malang (UM)

Selanjutnya ada Universitas Negeri Malang atau biasa disingkat UM. Tak kalah dengan UB.UM merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Malang yang banyak menorehkan prestasi dan juga lulusan terbaik. Sebelumnya, UM memiliki nama PTPG Malang lalu kemudian berubah menjadi IKIP Malang.

perguruan tinggi negeri di malang


Jenjang studinya pun beragam, ada D3, S1, S2 dan juga S3. Hampir semua jurusan dan fakultasnya terakreditasi A. Adapun beberapa fakultasnya ialah ilmu pendidikan, sastra, matematika dan IPA, ekonomi, teknik ilmu keolahragaan, ilmu sosial dan juga pendidikan psikologi pun ada di sini.

Portal web UM adalah www.um.ac.id

3. Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang

Universitas Islam Negeri atau biasa disingkat sebagai UIN ini adalah salah satu pengembangan dari kampus lain yaitu IAIN (Institut Agama Islam Negeri). Sesuai namanya, kampus di kota Malang ini menyediakan sistem pembelajaran yang menyangkut agama Islam.

perguruan tinggi negeri di malang


Tak hanya itu saja, ada jurusan lain yang disediakan dalam Universitas Islam Negeri (UIN) seperti ekonomi, hukum, akuntansi dan masih banyak lagi lainnya. Fakultasnya pun sangat beragam, antara lain sains dan teknologi, psikologi, ekobisnis, kedokteran dan lain-lain.

Situs web resmi kampus ini adalah www.uin-malang.ac.id

4. Politeknik Negeri Malang (POLINEMA)

Politeknik Negeri Malang atau biasa disingkat dengan POLINEMA merupakan salah satu kampus yang sudah terakreditasi A. Perguruan tinggi ini menyediakan program pendidikan khusus yaitu Diploma III dengan tujuh jurusan.

perguruan tinggi negeri di malang


Jurusan tersebut diantaranya teknik sipil, mesin, elektro, kimia, akuntansi, administrasi niaga, dan juga teknologi informasi. Dari beberapa jurusan tersebut ada jenjang studinya masing-masing yaitu didominasi dengan D-III serta D-IV

Situs webnya adalah polinema.ac.id

Baca juga yuk tentang bahasa khas melang

5. Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang

Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang atau Poltekkes Kemenkes adalah sebuah gabungan dari 7 akademi kesehatan diantaranya akademi keperawatan Malang, Lawang, Blitar, akademi kebidanan Malang, Kediri, Jember dan akademi Gizi Malang.

perguruan tinggi negeri di malang


Tak heran bila Politeknik Kesehatan milik Kemenkes ini mempunyai banyak sekali perguruan tinggi yang telah tersebar di 5 kota daerah Jawa Timur lainnya yaitu Lawang, Jember, Blitar, Kediri dan juga kota Malang sebagai pusatnya. Poltekes ini menjadi Perguruan Tinggi Negeri di Malang yang juga banyak diminati oleh lulusan SMA yang tertarik melanjutkan pendidikan di bidang kesehatan, misalnya perawat dan kebidanan.

Berikut web resminya: www.poltekkes-malang.ac.id

Dengan adanya beberapa perguruan tinggi negeri di Malang tersebut, bisa menjadi referensi bagi camaba (calon mahasiswa baru) yang akan melanjutkan studi sesuai dengan kepeminatan.

Terbaru Lebih lama

Related Posts